Launching
comeback
launchpad

Selasa, 18 Juni 2013

Amazing experience : Melatih Para Ahli Kandang Ayam Charoen Pokphand Indonesia



Penampilan kami di International Education 2013

Awalnya saya berpikir bahkan membayangkan bahwa penampilan kami dalam teater bukan main ini akan tampil diberbagai tempat-tempat yang special  dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Namun saat hari itu pikiranku semakin terwujud, pelatih kami Bang Hendro memberitahukan bahwa akan tampil disebuah pabrik kandang ayam di PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, diujung kota tangerang dan saat itu juga perasaan ku berkolaborasi antara rasa aneh, bingung, senang dan cemas. 


Penampilan kami di Colorfull city koor Belanda

 Teater Bukan main adalah teater Terapi yang ada di Indonesia, membantu dengan seni musik, seni peran dll.


PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) adalah penghasil pakan ternak, Day Old Chicks dan makanan olahan terbesar di Indonesia. Perseroan didirikan tahun 1972 dengan pabrik pakan ternak terbesar pertama di Jakarta untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas.
Saat ini, Perseroan memfokuskan  usahanya pada kegiatan agro-business yang mencakup poultry business, dari memproduksi pakan ternak berkualitas, pembibitan ayam yang cepat tumbuh dan tahan penyakit serta menghasilkan produk ayam olahan berkualitas tinggi.



panggung utama yang disiapkan pekerja PT pokpand
Sebelum tiba disana, pikiranku sempat berkecamuk. Karena saya bisa membayangkan rasa semerbak (bau kotoran ayam) disana dan para karyawan yang terbiasa dengan kehidupan yang sederhana saja. Dan potret itu menjadi kenyataan, tepatnya hari kamis pada tanggal 14 februari seluruh tim kami dari pemusik, pemain bahkan pelatih kami siap menuju daerah itu. Sebuah perjalanan yang lumyan jauh serta jalanannya yang rusak mendekati peternakan.



Setiba disana, kami langsung menuju ruangan yang telah disiapkan oleh para pegawai. Nampaknya saya masih terasa asing dengan suasana ini, tetapi ada hal yang saya kagumi dari ruangannya, sebenarnya ruangan itu sehari-harinya begitu kotor, digunakan para karyawan untuk merangkai ribuan telur. Tapi saat itu nampak bersih, lantainya ditutupi terpal berwarna orange yang baru. Keadatangan kami sepertinya begitu dihargai dan perasaan asingku saat itu berubah menjadi rasa mengebu-gebu yang luar biasa untuk menterapi para karyawannya. 
para pekerja ayam, yang kami beri pelatihan

Selang beberapa menit kami mempersiapkan penampilan dan para pemain bermeditasi untuk menenangkan diri, beberapa karyawan masuk dengan kaos putih serta muka yang tampak kusam  dan penampilan sangat sederhana, perasaanku semakin bergemuruh setelah beberapa menit masuk lagi puluhan karyawan kedalam ruangan itu. Astaga… banyak sekali karyawan yang harus aku terapi, ungkapku dalam hati.


The show must go on, pemusik telah siap, para terapis siap, bahkan para karyawan telah duduk rapi didepan kami. Sebuah pembukaan lagu dangdut yang asyik untuk membuat badan bergoyang, namun dari pengamatanku dari puluhan karyawan diruangan  hanya beberapa orang saja yang menikmati irama music ini. Karyawan lain masih nampak malu-malu, takut, bingung dan tidak tahu untuk apa acara ini?
Pelatihan dibuka dengan lagu dangdut.

Nampaknya kami harus melakukan usaha ekstra untuk menterapis mereka hari ini, melalui metode-motode yang biasa dilakukan di teater healing/ teater bukan main. Hingga sampai pada pertengahan acara, beberapa karyawan sudah mulai aktif dan menikmati terapis ini. 





Tahap penceritaan per group


Yang paling berkesan itu adalah saat tahap penceritaan dimana mereka disuruh membuat empat kelompok dan berbagi cerita-cerita yang mereka alami, pada saat awal mereka nampak malu dan takut untuk bercerita. Namun saya berusaha menenangkan mereka dan membuat mereka berani untuk berbicara, satu-persatu dari mereka mulai berbicara apalagi yang lebih banyak dari kaum wanita. Sungguh luar biasa diluar dugaan mereka bercerita dengan lepas sekali, bahkan dari mereka menangis sambil meluapkan isi hati mereka, pengalaman mereka yang berat dan menikmati saat dipeternakan ayam ini. Hingga pada suatu cerita dari mina salah seorang karyawan yang membuatku menangis, beliau sudah dari kecil belum bertemu dengan ibunya hingga sekarang, dan ada juga karyawan yang membuatku nampak tercengang melalui pengetahuannya yang luar biasa, aku mengira bahwa semua karyawan disini cuma memiliki pengetahuan yang sedikit, tetapi berbeda dengan cici ini, dia sangat pintar, bahkan membantuku menyuruh karyawan lain bercerita, dia mengalami kisah percintaan yang rumit yaitu cinta segi empat diantara tiga pria dikandang ayam. 

Para pekerja ternak ayam, yang hanya lulusan SD, SMP tertinggi adalah SMA
Dan beberapa cerita dikelompok ku, cerita dari mina itupun aku angkat dalam tahap penceritaan didepan. Luar biasa… mereka yang awal nampak malu, namun saat menjadi property dalam permainan seperti, meja, kursi dll. Mereka mudah diatur dan langsung mengerti, apalagi berperan sebagai tokoh dalam cerita sangat mengilhami peran itu.




Photo Bersama setelah usai acara


Waktu hampir tiga jam itu membuatku semakin mengerti arti hidup ini, semakin tahu silsilah lain dari kehidupan mereka yang Nerimo saja apa yang akan terjadi kedepannya, hanya berserah diri mengikuti alur kehidupan tanpa mengimpi-impikan yang luar biasa dalam kehidupan. Sepertinya wawasan mereka akan kembali terbuka dan imajinasi mereka akan kuat setelah mengikuti terapi ini. 




Usai pelatihan, evaluasi dan makan bersama pemusik, terapis, serta bapak manager.


Dari hasil pengamatan warna yang kami hasilkan diakhir acara, dari sampel 10 karyawan yang ada dikelompok diskusi ku  yaitu :
Mina
Warna putih
Perasaan Senang
Kiki
Warna Ungu
Perasaan Senang
Iin
Warna Putih
Perasaan Senang
Martina
Warna Putih
Perasaan Gembira
Suci
Warna Merah
Perasaan Gembira
Mimin
Warna Kuning
Perasaan Senang

Inun
Warna Pink
Perasaan Senang
Cici
Warna Merah
Perasaan senang
Jono
Warna Biru
Perasaan Gembira
….
Warna Biru
Perasaan Gembira



                                                                                
 Yudha Palistiandika- Teater bukan main
 Jakarta, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Creative Field

Blog List

About

Follow us on Facebook :P

Blogger news

Pages

Siapa Penyanyi Luar Negeri yang harus datang lagi ke Indonesia ?

Diberdayakan oleh Blogger.

My Youtube Channel :)

Loading...

Popular Posts

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog Archive

About me

Followers

Event

Blog archives

Ada kesalahan di dalam gadget ini